Timbangan analitik adalah jenis timbangan yang digunakan untuk mengukur massa atau berat benda dengan tingkat ketelitian yang tinggi, biasanya digunakan dalam laboratorium atau lingkungan di mana akurasi pengukuran sangat penting. Berikut adalah beberapa poin penjelasan tentang timbangan analitik dalam bahasa Indonesia:

  1. Tujuan Penggunaan:
    • Timbangan analitik digunakan untuk mengukur massa atau berat benda dalam jumlah yang sangat kecil, hingga beberapa desimal di belakang koma. Ini sangat berguna dalam eksperimen dan analisis laboratorium yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi.
  2. Skala Pengukuran:
    • Timbangan analitik biasanya memiliki kapasitas yang lebih rendah dibandingkan dengan timbangan lainnya, seringkali antara 0,1 hingga 300 gram tergantung pada modelnya. Namun, resolusi pengukuran bisa sangat tinggi, seringkali mencapai desimal keempat atau kelima.
  3. Ketelitian dan Akurasi:
    • Keunggulan utama timbangan analitik terletak pada tingkat ketelitian dan akurasi pengukurannya. Ini sangat penting dalam penelitian ilmiah, percobaan kimia, dan analisis laboratorium lainnya di mana hasil yang sangat akurat diperlukan.
  4. Desain dan Konstruksi:
    • Timbangan analitik dirancang untuk mengurangi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil pengukuran, seperti angin atau getaran. Beberapa model dilengkapi dengan pembuka kaca atau penutup khusus untuk melindungi dari gangguan luar.
  5. Kalibrasi Rutin:
    • Untuk menjaga tingkat akurasi, timbangan analitik perlu dikalibrasi secara rutin. Proses kalibrasi melibatkan penyesuaian kembali timbangan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran tetap sesuai dengan standar ketelitian.
  6. Penggunaan Wadah Penimbangan Khusus:
    • Saat menggunakan timbangan analitik, benda yang ditimbang biasanya ditempatkan dalam wadah penimbangan khusus, seperti cawan berbobot, untuk meminimalkan kontaminasi dan memastikan akurasi.
  7. Aplikasi Laboratorium:
    • Timbangan analitik digunakan dalam berbagai aplikasi laboratorium, termasuk penelitian kimia, biologi, farmasi, dan analisis material. Mereka memberikan hasil yang sangat tepat untuk membantu para ilmuwan dan peneliti mendapatkan data yang andal.

Timbangan analitik memiliki peran kritis dalam mendukung kegiatan penelitian dan pengujian di laboratorium, di mana akurasi dan ketelitian data sangat penting untuk keberhasilan eksperimen.

Contoh Timbangan analitik yang memiliki akurasi dan kualitas yang baik dan sudah terbukti banyak digunakan serta memiliki ulasan positif dari para penggunanya yaitu VIBRA HT

timbangan analitik

Keunggulan Timbangan Analitik VIBRA HT :

  • Solusi Penimbangan canggih untuk laboratorium professional Quality control Industry Farmasi
  • Timbangan analitik dengan ketelitian 4 digit
  • Konsep Baru neraca analitik, Penimbangan dengan menggunakan Tunning Fork sensor “Plug & Perform” (tanpa waktu pemanasan), hemat energi, indikasi stabil, keandalan jangka panjang,
  • Pengoperasian penimbangan yang nyaman dan andal dalam pekerjaan laboratorium sehari-hari.
  • Support statistic
  • Port RS232

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim support kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!