Seperti yang telah kita ketahui kini tersedia berbagai jenis timbangan. Yang pasti setiap timbangan memiliki fungsi masing-masing. Bahkan, terkadang sebagian banyak orang karena kurangnya pengetahuan dan informasi seringkali menggunakan timbangan yang bukan sesuai dengan fungsinya. Sehingga tak heran jika hasil dari timbangan tersebut tidak akurat. Timbangan merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengukur massa sebuah benda. Namun kebanyakan orang lebih mengenal timbangan sebagai alat untuk mengukur atau mengetahui berat suatu benda.

Saat ini terdapat jenis timbangan, yang mana setiap jenisnya memiliki prinsip kerja masing-masing. Umumnya terdapat tiga jenis timbangan yaitu timbangan digital, timbangan mekanik dan timbangan hybrid. Yang mana timbangan digital ini adalah timbangan yang cara bekerja dengan sistem elektronik. Untuk timbangan mekanik atau manual ini bekerja dengan sistem mekanik.

Sedangkan untuk timbangan Hybrid merupakan gabungan dari sistem manual dan digital. Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengerti macam-macam timbangan beserta fungsinya. Tak perlu khawatir karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai macam-macam timbangan beserta fungsinya secara lengkap.

Timbangan Datar

Jenis timbangan yang terakhir yaitu timbangan datar. Sekali lagi perlu ditekankan dinamakan timbangan datar karena bentuknya dan ini hanya sebatas sebutan. Timbangan ini bentuknya seperti lantai yang lebar, karena dalam penggunaannya timbangan ini diletakkan di atas lantai. Fungsi dari timbangan datar ini yaitu untuk mengetahui berat benda-benda dengan bobot yang besar seperti paket bervolume besar.

Bahkan kini juga tersedia timbangan datar untuk hewan, yang mana timbangan jenis ini memang digunakan untuk mengetahui berat badan hewan ternak. Timbangan ini sering dijumpai di tempat berjualan hewan seperti kambing, sapi, kerbau dan lain sebagainya. Bahkan timbangan ini terkadang juga bisa ditemukan di tempat pemeliharaan hewan ataupun kebun binatang. Karena timbangan ini juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi kesehatan hewan.

Timbangan datar ini cara penggunaannya bisa secara manual ataupun digital. Bahkan kini juga sudah tersedia timbangan datar hasil perpaduan antara manual dan digital yang disebut dengan timbangan hybrid. Sistem kerja dari timbangan ini ada 2 buah. Yang pertama sistem mekanik yang menggunakan manual, sedangkan yang kedua untuk display menggunakan sistem digital.

Timbangan Gantung

Jenis timbangan yang selanjutnya yaitu timbangan gantung. Sesuai dengan namanya timbangan ini cara penggunaannya memang harus digantung pada sesuatu yang kuat agar bisa menahan berat badan atau benda yang ditimbangnya. Penggunaan timbangan gantung ini memang terlihat sulit karena kita harus mengangkat benda atau barang yang untuk diletakkan pada timbangan tersebut.

Timbangan gantung terdapat dua jenis yaitu timbangan yang terbuat dari bahan kuningan dan timbangan gantung jarum. Untuk timbangan yang terbuat dari bahan kuningan ini biasanya digunakan untuk menimbang berat padi, beras atau kebutuhan makanan pokok lainnya. Sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu gantung jarum biasanya digunakan untuk menimbang ayam saat akan dijual. Bahkan seringkali kita menjumpai timbangan gantung ini digunakan untuk menimbang berat badan bayi dengan cara digantung pada kain khusus.

Cara kerja timbangan gantung ini sangatlah mudah yaitu tinggal menggantungkan benda pada ada alat runcing yang sudah tersedia di bagian bawahnya. Setelah itu Anda hanya perlu menyeimbangkan antara beban yang kanan dengan yang kiri. Timbangan gantung Ini kebanyakan terbuat dari bahan kuningan sehingga memiliki berat yang lumayan jika harus dipindahkan ke satu tempat ke tempat lainnya.

Timbangan Meja

Jenis timbangan yang ketiga yaitu timbangan meja. Sesuai dengan namanya timbangan ini cara penggunaannya memang diletakkan diatas meja, di atas lantai atau di atas apapun yang datar. timbangan meja ini biasanya digunakan untuk menimbang beberapa bahan pokok makanan, sehingga tak heran jika timbangan ini banyak ditemukan di pasar untuk menimbang barang yang dijual. Timbangan meja ini bentuknya memang sangat tradisional yang memiliki dua beban. Yang mana beban kanan sebagai peletakan batu, sedangkan untuk beban yang kiri untuk meletakkan barang yang akan ditimbang.

Kini juga sudah tersedia timbangan meja yang bisa digunakan untuk menimbang buah bentuknya lebih modern, karena timbangan ini memang dirancang dan dibuat untuk mengukur massa buah. Selain itu timbangan ini juga disertai dengan fitur konversi harga sehingga sangat mudah untuk digunakan dan memudahkan penggunanya.

Tersedia juga timbangan meja jenis counting, yang mana timbangan ini bentuknya hampir sama dengan timbangan buah. Namun fungsi dari timbangan ini untuk menimbang paku, baut dan lain sebagainya. Timbangan counting ini termasuk timbangan digital sehingga Anda bisa mengubah dan mengatur fitur mode yang ada.

Timbangan Injak

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan timbangan injak. Karena timbangan injak ini sudah banyak digunakan di berbagai tempat. Baik itu Rumah Sakit, Puskesmas, UKS atau tempat umum lainnya. Timbangan injak ini lebih dikenal sebagai jenis timbangan badan atau body scale. Yang mana timbangan ini cara penggunaannya sangat mudah yaitu kita perlu menaiki timbangan tersebut atau menginjaknya dan secara otomatis timbangan ini akan bisa membandingkan semua beban.

Fungsi dari timbangan injak ini memang digunakan khusus untuk mengukur massa tubuh atau berat badan manusia. Mungkin ada beberapa orang yang bertanya apakah timbangan ini bisa digunakan untuk menimbang benda lain? Sebenarnya bisa namun tidak bisa bekerja secara maksimal, karena timbangan ini memang khusus didesain dan di konsep untuk mengukur berat badan. Timbangan injak ini termasuk timbangan mekanik ataupun manual dalam penggunaannya. Meskipun saat ini sudah terdapat timbangan yang lebih bagus lagi, namun timbangan injak ini masih digunakan hingga sekarang.

Timbangan Duduk

Jika ditanya mengenai timbangan duduk mungkin kebanyakan orang tidak paham apa yang dimaksudkan. Padahal timbangan duduk ini banyak sekali yang sudah menggunakan. Dinamakan timbangan duduk karena timbang ingin ini hampir sama seperti kursi yang bisa diduduki. Yang jelas timbangan duduk ini hanyalah sebuah sebutan dari bentuknya.

Dinamakan timbangan duduk karena benda yang akan ditimbang terkesan didudukkan. Biasanya timbangan ini sangat mudah ditemukan di toko roti atau toko makanan. Karena biasanya timbangan ini digunakan untuk menimbang benda-benda seperti tepung, gula dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang juga beberapa toko buah yang menggunakan timbangan ini untuk menimbang buah.

Meskipun bisa digunakan untuk menimbang buah, namun hasilnya tidak akurat. Karena timbangan ini memang sengaja didesain untuk menimbang bahan-bahan seperti gula, tepung dan lain sebagainya.

Itulah lima jenis timbangan beserta fungsinya masing-masing. Mungkin dari kelima timbangan tersebut Anda sudah tidak asing lagi, hanya saja kurangnya pengetahuan dan informasi yang membuat kita tidak paham fungsi dari timbangan tersebut. Yang jelas setiap timbangan memiliki fungsi masing-masing, sehingga jika tidak digunakan sesuai dengan fungsinya maka hasilnya tidak akan akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tim support kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
support
SALES SUPPORT
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
NURUL
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
VICTOR
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
RIDWAN
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Business Development
JOKO
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
SUPYANA
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
NILAH
Available